Pentingnya Belajar Teknologi Informasi Bagi Jurusan Akuntansi

February 9, 2016 in Uncategorized

Sistem-informasi-akuntansi

Bismillahirrohmanirrohim dengan ini saya tulis postingan pertama saya di blog ini, khususnya untuk memenuhi tugas Teknologi Informasi yang merupakan Mata Kuliah Umum(MKU) pada semester kedua saya di Universitas Widyatama. Artikel pertama saya yaitu tentang “Pentingnya Belajar Teknologi Informasi Bagi Jurusan Akuntansi”. Semoga bermanfaat 🙂

“Saya anak akuntansi, kenapa sih harus belajar Teknologi Informasi? Kan ribet tuh anak Akuntansi tugasnya kan cuman ngitung-ngitung akun aja!”

Itulah pertanyaan mahasiswa akuntansi tingkat satu yang menganggap bahwa Teknologi Informasi(TI) itu hal yang tabu. Tidak heran jika kamu sebagai mahasiswa baru akuntansi berkata seperti itu karena biasanya yang terbesit di pikiran kita hanya Jurnal, Kertas kerja, Buku Besar,dll. Nyatanya akuntansi berkembang juga di era yang modern ini, apalagi dengan diciptakannya komputer yang memudahkan segala pekerjaan manusia.

“Loh Akuntansi itu kan harus ngikutin prosedur yang ada, bukanya Akuntansi itu harus ngikutin apa yang sudah diteorikan atau juga bisa disebut kaku?”

Memalukan bagi seorang akuntan apabila berkata seperti itu, karena menurut definisinya saja yaitu Akuntansi adalah seni untuk mencatat, menggolongkan dan meringkas transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara tertentu dan dalam bentuk satuan uang, serta menafsirkan hasil-hasilnya. Terdapat kata “seni” dalam definisi itu yang berarti akuntansi bersifat fleksibel dan dapat mengikuti perkembangan zaman.

” Memangnya apa manfaatnya apabila kita sudah menguasai Teknologi Informasi dengan profesi yang nanti akan kita geluti?”

Komputer dapat berguna sebagai alat penghitung yang cepat, maka dari itu pengerjaan Akuntansi akan efektif dan efisien apabila menggunakan komputer sebagai alat bantu pengerjaannya. Kalian para pembaca pasti tahu kan apa itu Microsoft Excel? Microsoft Excel adalah salah satu alat bantu untuk menghitung khususnya bagi seorang Akuntan. Akan sangat berguna apabila seorang Akuntan menguasai cara penggunaan Microsoft Excel karena kita tidak usah repot-repot buka kalkulator dengan manual lagi. Terlebih lagi pada faktanya perusahaan-perusahaan besar selalu menggunakan akuntansi dipadukan dengan Teknologi Informasi karena akan lebih meng-efektif dan efisien kan pengerjaan, hal ini telah masuk teori akuntansi yang wajib dapat disebut juga SIA(Sistem Informasi Akuntansi) yang akan saya pelajari juga pada semester selanjutnya.

 

Nah sekarang kalian para pembaca tahu kan betapa pentingnya Teknologi Informasi bagi jurusan yang kita pilih saat ini yaitu Akuntansi? Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar